Kadiskop dan UKM Aceh: Pelaku UMKM Dituntut Mampu Memahami, Menguasai dan Memiliki Kemampuan Teknis

Kepala Dinas Koperasi UMKM, Azhari S.Ag M.Si menyampaikan sambutan sekaligus pembukaan Bimtek. Kamis (27/10/2022).

BANDA ACEH – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Diskop dan UKM) Aceh terus melakukan upaya peningkatan kapasitas bagi pelaku usaha pemula di Provinsi Aceh. Kali ini, kegiatan peningkatan ekonomi melalui program bimbingan teknis (bimtek) kepada wirausaha pemula di Hotel Hip Hope Kota Banda Aceh selama tiga hari, 27-30 Oktober 2022.

“Kegiatan ini bertujuan agar para pengusaha pemula di Aceh terus dapat mengembangkan usahanya secara berkelanjutan nantinya,” kata ketua Ketua Panitia Abdah Syahdan S.STP. Kamis (27/10/2022).

Bacaan Lainnya

Sementara Kepala Dinas Koperasi UMKM, Azhari S.Ag M.Si mengatakan pertumbuhan pelaku usaha di Aceh akan membantu menambah tingkat perekonomian masyarakat Aceh.

“Di era industri saat ini, pelaku usaha dituntut harus mampu memahami, menguasai dan memiliki kemampuan teknis. Penguasaan ini menjadi penting agar usahanya bisa semakin berkembang dan maju,” kata Azhari kepada Analisisnews.com.

Dengan adanya program kewirausahaan ini, lanjutnya, pemerintah Aceh mengharapkan penganguran ke depannya terus berkurang. Oleh karenanya ia mengajak dan mendorong generasi muda terdorong untuk berwirausaha.

“Anak-anak muda generasi milenial kita harapkan terus termotivasi untuk berwirausaha sehingga menurunkan tingkat pengangguran dan membuka lapangan kerja, sehingga ke depannya pertumbuhan ekonomi di Aceh terus bangkit,” harapnya.

Azhari mengatakan bahwa Pemerintah Aceh sangat komit dalam mendorong pertumbuhan wirausaha pemula di Aceh. Tidak hanya itu, pasca pandemi Covid-19 semakin mendorong pelaku usaha untuk bangkit.

“Bentuk komitmen itu dapat dilihat dari banyaknya kegiatan pemerintah yang fokus untuk mendorong pertumbuhan wirausaha pemula, sehingga para pelaku usaha di Aceh terus meningkat kapasitasnya dan terus berinovasi untuk kemajuan usahanya,” tutup Azhari. (Far)