ISBI Aceh Gelar FGD Medeka Belajar Kampus Merdeka dengan Stakeholder

ISBI Aceh Gelar FGD Medeka Belajar Kampus Merdeka dengan Stakeholder. (Foto: Kampus ISBI Aceh).

JANTHO – Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Stakeholder Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di lingkungan ISBI Aceh Tahun 2022.

LPPMP ISBI Aceh sebagai penyelenggara kegiatan menghadirkan Kepala Taman Seni Dan Budaya Banda Aceh, Plt BPNB Banda Aceh, Balai Bahasa Banda Aceh, serta Sanggar Baca Banda Aceh sebagai stakeholder yang menyampaikan ruang lingkup masing-masing lembaga serta bentuk program yang bisa diikuti oleh mahasiswa dan dosen dalam mendukung MBKM di ISBI Aceh.

Bacaan Lainnya

Ketua LPPMP ISBI Aceh, Sabri Gusmail dalam pembukaan acara itu mengharapkan melalui kegiatan FGD tersebut, mahasiswa dan dosen dapat mengikuti rangkaian acara hingga selesai.

Ia juga menyampaikan bahwa FGD dengan stakeholder ini sangat tepat dilaksanakan sebagai bentuk perwujudan integrasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka di ISBI Aceh.

“Bahwa stakeholder sebagai bagian dari setiap item kegiatan MBKM diharapkan bisa menjadi wadah belajar mahasiswa di luar kampus serta riset bagi dosen,” kata Sabri Gusmail.

Sementara itu Azhadi Akbar selaku Kepala Taman Seni dan Budaya Banda Aceh dalam paparannya menyampaikan bahwa kegiatan semacam ini sangat penting untuk dilaksanakan berkelanjutan.

“Karena ISBI sebagai satu-satunya kampus seni dan budaya yang ada di Banda Aceh diharapkan mampu melahirkan lulusan-lulusan yang terus mendokumentasikan perkembangan seni dan budaya yang ada di Aceh,” kata Azhadi Akbar.

Ia menambahkan bahwa para mahasiswa juga diberi kesempatan untuk belajar dan riset di luar kampus dan di sinilah peran stakeholder pada garda depan.

Hal senada juga disampaikan oleh perwakilan dosen yang hadir, Saniman Andi Kafri.  Ia juga mendorong melalui kegiatan seperti mesti sering dilakukan untuk meningkatkan aktivitas mahasiswa dan dosen di luar kampus.

“Ke depan kegiatan seperti ini dilanjutkan kembali dengan lembaga-lembaga yang sesuai dengan bidang keilmuan di ISBI Aceh untuk terus mendorong aktivitas mahasiswa dan dosen di luar kampus. Agar hasil riset mahasiswa pada tiap tahunnya dapat berkembang,” pintanya.

Sebelumnya diketahui, kegiatan FGD Stakeholder MBKM di lingkungan ISBI Aceh Tahun 2022 dilaksanakan pada tanggal 21-23 Oktober 2022 lalu yang diikuti oleh mahasiswa dan dosen ISBI Aceh. (rel/far)