Wamentan Hadiri Maulid dan Panen Raya Padi di Abdya

  • Whatsapp
Wamentan Hadiri Maulid dan Panen Raya Padi di Abdya
Foto: analisisnews.com/agus s KERJASAMA: Wamentan RI, Harvick Hasnul Qolbi, Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki menyaksikan penandatanganan kerjasama antara Pemkab Abdya dan Pemkab Aceh Singkil terkait surplus beras disela-sela kegiatan maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Agung Baitul Ghafur Abdya, Senin (21/11/2022).

BLANGPIDIE-Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Republik Indonesia (RI), Harvick Hasnul Qolbi, Senin (21/11/2022) menghadiri perayaan maulid Nabi Muhammad SAW yang berlangsung di kompleks Masjid Agung Baitul Ghafur Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dengan 10.000 masyarakat. Tidak hanya Wamentan Harvick, dalam kegiatan yang diikuti rangkaian panen raya padi dengan 1.000 petani itu juga turut dihadiri Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, sejumlah pejabat Kementan RI, pejabat di tingkat Provinsi Aceh, sejumlah kepada daerah hingga para pejabat di Kabupaten Abdya.

Wamentan Harvick dalam kesempatan itu menyambut baik kerja keras yang dilakukan Pj Bupati Abdya, H Darmansah SPd MM dan para pejabat di lingkup Pemkab Abdya dalam menyukseskan perayaan maulid nabi, begitu juga dengan agenda panen raya, surplur beras, penyaluran bibit jengkol varietas unggul dan capaian lainnya.

Secara umum dia menyampaikan, yang membuat pertanian dan perekonomian maju adalah masyarakat. Karena itu, kedepan bagaimana caranya agar sektor pertanian semakin maju dan terus berkembang. Tentu diperlukan peran aktif dari masyarakat juga dukungan dari pihak pemerintah mulai dari tingkat daerah, provinsi hingga ke tingkat pusat.

“Butuh talenta khusus dalam memajukan daerah. Pemerintah dan masyarakat harus berkolaborasi dengan baik dan memanfaatkan jalur koordinasi yang telah ada. Peluang itu sangat terbuka, jadi masyarakat dan pemerintah daerah harus aktif dan silahkan mengusulkan hingga ke tingkat pusat terkait program apa saja yang cocok untuk daerahnya masing-masing,” ujarnya.

Sementara itu Pj Bupati Abdya, H Darmansah SPd MM menyambut baik atas kehadiran Wamenntan RI beserta rombongan ke Abdya dalam agenda perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, panen raya, penyaluran bibit jengkol dan kerjasama terkait surplus beras dengan Kabupaten Aceh Singkil.

“Terimakasih atas kunjungan Wamentan Harvick, Pj Gubernur Aceh beserta rombongan, sejumlah kepada daerah ke Abdya,” tuturnya.

Dikesempatan itu, Pj Bupati Darmansah secara singkat memaparkan beberapa item keberhasilan program Abdya hingga sejumlah potensi peluang usaha yang bisa dikembangkan di kabupaten dengan sembilan kecamatan itu. Dimana, banyak masyarakat Abdya bergantung pada sektor pertanian dan perkebunan. Oleh karena itu, pihaknya berharap Wamentan RI Harvick dapat memberikan dampak positif untuk kemajuan sektor-sektor tersebut demi mendukung program pemerintah dalam hal ketahanan pangan.

Amatan wartawan, tiba di Abdya Wamentan yang mendarat dengan Helikopter di Bandara Kuala Batu itu disambut langsung oleh Pj Bupati Abdya H Darmansah SPd MM beserta unsur Forkopimkab lainnya termasuk para kepala daerah.

Sebelum menuju lokasi panen raya bersama 1.000 petani di areal persawahan Desa Lhueng Tarok, Kecamatan Blangpidie, Wamentan RI Harvick diajak untuk mencicipi masakan kuah beulangong yang sudah dihidangkan panitia setempat. Tiba di Masjid Agung, Wamentan yang menggunakan kemeja putih disambut dengan prosesi tempung tawar dan persembahan tarian silat geulumbang serta pemakaian Kupiah Meukutop juga penyematan Rencong khas Aceh.(ag)

Pos terkait