Jalan Kota Blangpidie Rusak, Bahayakan Pengendara

  • Whatsapp
Jalan Kota Blangpidie Rusak, Bahayakan Pengendara
Foto: analisisnews.com/agus s BERLUBANG: Jalan berlubang di kawasan Pusat Kota Blangpidie Abdya tepatnya di tikungan perempatan menuju Jalan Selamat bahayakan pengendara. Akibat kerusakan badan jalan dimaksud, membuat pengendara kesulitan saat melintas bahkan sangat rawan terjadinya kecelakaan lalulintas, Selasa (22/11/2022)

BLANGPIDIE-Lubang menganga di kawasan tikungan perempatan menuju Jalan Selamat Kota Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) bahayakan pengendara. Tidak hanya berlubang, kondisi badan kota dagang itu juga banyak retakan yang dipenuhi kerikil serta pasir. Kondisi itu sangat membahayakan keselamatan pengendara, terlebih rusaknya jalan itu telah terjadi berulang kali. Meski kerap diperbaiki dengan cara ditambal sulam menggunakan aspal maupun semen, lubang itu muncul kembali dalam waktu relatif singkat pascadiperbaiki.

Rendi salah seorang pengendara, Selasa (22/11/2022) mengaku khawatir saat melintas di kawasan itu. Kondisi jalan berlubang dan berkerikil membuat pengendara bisa terjatuh jika tidak berhati-hati. Keberadaan lubang jalan akan mempersulit laju kendaraan hingga macet. Terlebih saat hujan mengguyur, lubang dimaksud akan tertutup oleh genangan air dan dapat membuat pengendara terjatuh saat melintasi jalan itu.

“Lubang menganga itu tepat berada di tikungan diperempatan menuju Jalan Selamat. Sangat berbahaya saat dilintasi dan harus berhati-hati karena bisa mengundang bahaya bagi pengguna jalan,” katanya.

Tidak hanya di tikungan perempatan menuju Jalan Selamat, rusaknya badan jalan juga terjadi di kawasan tingkungan Simpang Cerana Blangpidie arah menuju Jalan Perdagangan. Kondisi itu sangat dikhawatirkan, sebab jalan itu sejak beberapa tahun terakhir mengalami kerusakan. Jalan dimaksud merupakan jalur padat yang setiap hari tingkat mobilitasnya sangat tinggi serta berada di pusat kota kabupaten.

Sangat tidak layak jika kerusakan jalan ini ditanggulangi dengan tambal sulam, karena kerusakannya telah berlangsung sejak lama dan sangat meresahkan pengguna jalan, sehingga perlu upaya peningkatan badan jalan secara permanen.

Tarmizi pengendara lainnya kepada wartawan mengatakan kerusakan badan tersebut telah berulang kali terjadi, namun sejauh ini belum ada upaya untuk dilakukan peningkatan badan jalan secara permanen. Selama ini, jika terjadi kerusakan berupa lubang menganga di perempatan Jalan Selamat dan Simpang Cerana Blangpidie tersebut, hanya dilakukan perbaikan secara tambal sulam, sehingga dalam waktu yang relatif singkat badan jalan itu kembali rusak dan membahayakan pengguna jalan.

“Posisi jalan berada di kawasan pusat kota, setiap hari pasti banyak kendaraan yang hilir mudik mulai dari pejalan kaki hingga kendaraan berbadan besar. Kehadiran lubang di tengah-tengah jalan tentu sangat menganggu dan membahayakan pengguna jalan,” ujarnya.

Dia berharap adanya perhatian serius dari pemerintah setempat guna menanggulangi kerusakan jalan itu, apalagi dengan kondisi jalan yang rusak tidak sedikit pula kecelakaan lalulintas yang terjadi di kawasan itu.(ag)

Pos terkait