Kualitas Pendidikan Agama Harus Ditingatkan

  • Whatsapp
Kualitas Pendidikan Agama Harus Ditingatkan
Foto: analisisnews.com/agus s WISUDA: Pj Bupati Abdya, H Darmansah SPd MM saat menghadiri prosesi wisuda Tahfidz Quran Angkatan II SDIT Muhammadiyah Manggeng di halaman Masjid Attaqwa Muhammadiyah setempat, Sabtu (26/11/2022).

BLANGPIDIE-Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), H Darmansah SPd MM, Sabtu (26/11/2022) menekankan, kualitas pendidikan Agama Islam harus semakin ditingkatkan. Sebab peran pendidikan keagamaan saat ini semakin dibutuhkan, guna membangkitkan pengetahuan spiritual sekaligus menanamkan nilai-nilai keislaman yang mendasar bagi setiap generasi penerus. Hal itu disampaikannya saat menghadiri prosesi wisuda Tahfidz Quran Angkatan II Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Muhammadiyah Manggeng di halaman Masjid Attaqwa Muhammadiyah setempat.

Dalam kesempatan itu dia mengaku bangga dan terharu menyaksikan prosesi wisuda siswa tahfidz Quran. Bahkan dia mengapresiasi dan berterima kasih kepada pihak SDIT Muhammadiyah Manggeng atas keseriusannya dalam memberikan sumbangsih untuk pembangunan Kabupaten Abdya, khususnya melalui peningkatan mutu sumber daya manusia (SDM) di dunia pendidikan anak.

“Kami atas nama Pemkab Abdya sangat berbangga hati sekaligus haru menyaksikan para generasi pecinta Alquran yang hari ini akan diwisudakan. Anak-anak inilah kedepannya yang akan meneruskan tongkat estafet kepemimpinan dalam membangun peradaban yang maju serta berlandaskan syariat Islam di Kabupaten Abdya,” paparnya.

Perlu dipahami bersama bahwa untuk mewujudkan sebuah cita-cita yang besar itu harus dimulai dari sesuatu yang kecil terlebih dahulu. Begitu pula halnya dalam mewujudkan Kabupaten Abdya yang Qurani, tentu dimulai dengan membentuk karakter manusia yang cinta dengan Alquran terlebih dahulu, yaitu melalui pendidikan dasar baik formal maupun informal untuk generasi penerus. Pemerintah tentunya terus mendukung demi kemajuan pendidikan keagamaan di daerah ini. Namun dukungan pemerintah tidaklah cukup tanpa peran aktif dari seluruh elemen masyarakat.

“Seluruh elemen masyarakat harus mau dan sadar untuk saling bersinergi serta bahu membahu dalam menciptakan pendidikan yang berkarakter demi terwujudnya generasi yang berakhlak mulia. Kami berharap agar nantinya SDIT Muhammadiyah Manggeng ini tidak hanya sebatas sekolah saja, tetapi benar-benar menjadi rumah bagi para generasi pecinta Quran,” imbuhnya.

Yakin dan berpegang teguh kepada ajaran Islam seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah, maka kegemilangan peradaban Islam akan bisa dicapai dan wujudkan. Semoga dengan adanya SDIT Muhammadiyah Manggeng ini, pendidikan Islam akan semakin berkembang, berkualitas, dan kompetitif dalam semua bidang

“Kami percaya hadirnya SDIT Muhammadiyah Manggeng ini merupakan perwujudan dari upaya membentuk karakter masyarakat Abdya yang ahlul Quran. Dengan demikian kehadiran SDIT ini diharapkan dapat menjadi motivator dan pemberi contoh bagi sekolah-sekolah setingkat lain dalam penyelenggaraan pendidikan yang baik,” pungkasnya.(ag)

Pos terkait