Kapolres Abdya Tampung Laporan Imam Mukim

Kapolres Abdya Tampung Laporan Imam Mukim
Foto: analisisnews.com/agus s JUMAT CURHAT: Kapolres Abdya, AKBP Dhani Catra Nugraha SH SIK MH, Jumat (30/12) menampung sejumlah laporan terkait persoalan di lingkungan masyarakat oleh Imam Mukim dalam wilayah kabupaten setempat. Laporan yang disampaikan sejumlah Imam Mukim itu diterima langsung oleh Kapolres beserta jajarannya dalam kegiatan forum aduan masyarakat Jumat Curhat.

BLANGPIDIE-Kapolres Aceh Barat Daya (Abdya), AKBP Dhani Catra Nugraha SH SIK MH, Jumat (30/12/2022) menampung sejumlah laporan terkait persoalan di lingkungan masyarakat oleh Imam Mukim dalam wilayah kabupaten setempat. Laporan yang disampaikan sejumlah Imam Mukim itu diterima langsung oleh Kapolres beserta jajarannya dalam kegiatan forum aduan masyarakat Jumat Curhat yang dilaksanakan disalah satu warung kopi kawasan Blangpidie.

Kapolres Abdya, AKBP Dhani Catra Nugraha SH SIK MH dalam kesempatan itu mengapresiasi dan mendukung kegiatan Imam Mukim dengan harapan dapat menyampaikan informasi kepada para keuchik (kepala desa) agar tidak melakukan hal-hal yang melanggar aturan seperti penyalahgunaan dana desa dan tindak pidana lainnya. Bahkan jika ada persoalan di desa, jangan langsung dilaporkan ke Polisi, namun bisa diupayakan penyelesaian di tingkat desa terlebih dahulu. Namun jika terlalu berat pasal yang dilanggar sesuai aturan pidana, maka dapat dilimpahkan kepada pihak Kepolisian untuk diselesaikan.

Ada beberapa persoalan terkini yang disampaikan oleh para Imam Mukim diantaranya,  meningkatkan status Polseubsektor menjadi Polsek khususnya di wilayah Kecamatan Setia, mempertahankan Kapolsek yang dinilai sangat ramah dan menjaga hubungan baik dengan masyarakat, berharap semua Kapolsek yang ada di Abdya agar bisa mencontohkan kepribadian Kapolsek Kuala Batee karena sangat dekat dengan warga. Kemudian mengusulkan pembentukan Tuha Pheut Imum Mukim dengan tujuan untuk melengkapi struktur lembaga adat agar dapat menyelesaikan masalah adat di tingkat desa terakhir meminta Kapolres Abdya untuk membackup berbagai aturan adat yang ada di masing-masing desa.

“Semua laporan dan keluhan masyarakat ini kami tampung dan dicarikan solusi terbaik yang disampaikan untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Abdya yang lebih baik,” ujarnya.

Seperti diketahui, Jumat Curhat merupakan inisiasi Polri dalam menampung laporan, keluhan, dan masukan dari masyarakat kepada Polri, Dalam Jumat Curhat, masyarakat bisa menyampaikan informasi apapun yang sekiranya perlu ditindaklanjuti oleh kepolisian. Jumat Curhat adalah wujud layanan masyarakat dimana bisa mengadukan langsung kepada kepolisian serta menampung informasi apapun berkaitan dengan keamanan yang membutuhkan tindaklanjut oleh kepolisian.(ag)