Satu Unit Rumah Warga Abdya Hangus Terbakar

Satu Unit Rumah Warga Abdya Hangus Terbakar
Foto :analisisnews.com/agus s TERBAKAR: Satu unit rumah warga Desa Babah Lhueng, Kecamatan Blangpidie, Abdya terbakar Selasa dinihari (17/1/2023).

BLANGPIDIE-Satu unit rumah semi permanen milik Agus Salim (40) warga Desa Babah Lhung, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Selasa (17/1/2023), sekira pukul 00:10 WIB hangus terbakar.

Kepala Badan Penanggungalan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya, Armayadi ST, melalui Sekretarisnya Nazaruddin mengatakan, informasi musibah kebakaran yang menimpa rumah warga di Desa Babah Lhueng tersebut, diterima pihaknya beberapa saat pasca kejadian. Mendapati laporan itu, pihaknya langsung bergerak ke lokasi, dengan mengerahkan dua unit armada pemadam kebakaran (damkar), guna memadamkan kobaran api yang kian membesar.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut. Namun, sebagaian besar rumah yang dihuni Agus Salim bersama ayah kandungnya itu tidak dapat ditempati lagi lantaran rusak parah akibat dilalap api. Termasuk seluruh perabotan dalam rumah juga ludes terbakar.

“Sekitar satu jam lebih, api berhasil dipadamkan yang juga dibantu oleh warga sekitar,” ujarnya.

Mengenai penyebab kebakaran dan sumber api, hingga saat ini masih dalam tahap penyelidikan pihak yang berwenang, dalam hal ini Polres Abdya. Disamping itu, pihaknya juga telah menyalurkan bantuan masa panik untuk meringankan beban keluarga yang tertimpa musibah.

Terkait kondisi itu, BPBK Abdya terus mengimbau seluruh warga untuk lebih berhati-hati dengan segala ancaman musibah, mulai dari kebakaran, banjir luapan, ombak pasang hingga bencana longsor. Sebab bencana itu bisa terjadi kapan saja dan dimana saja.(ag)