Krueng Tangan-Tangan Meluap, Kemukiman Warga Terendam Banjir

  • Whatsapp
Krueng Tangan-Tangan Meluap, Kemukiman Warga Terendam Banjir
Foto: analisisnews.com/agus s BANJIR LUAPAN: Banjir luapan dari Krueng Tangan-Tangan merendam beberapa desa di Kecamatan Tangan-Tangan Kabupaten Abdya, Senin (23/1/2023)

BLANGPIDIE-Luapan Krueng (sungai) Tangan-Tangan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Senin (23/1/2023) sore mengakibat kemukiman warga di Desa Mesjid Kecamatan Tangan-Tangan kabupaten setempat terendam banjir luapan. Tidak hanya kemukiman warga, areal persawahan setempat juga ikut terendam banjir luapan.

Debi warga desa setempat  mengatakan luapan air itu dipicu oleh tingginya curah hujan yang mengguyur wilayah Abdya dan sekitarnya. Bahkan sejumlah desa yang dilintasi daerah aliran sungai (DAS) Tangan-Tangan kerap menjadi sasaran banjir luapan.

“Khususnya Desa Mesjid, telah rutin menjadi langganan banjir luapan. Bukan hanya rumah, area persawahan juga ikut terendam. Padahal petani dalam waktu dekat akan memasuki masa tanam padi,” ujarnya.

Disebutkan, luapan sungai Tangan-Tangan juga merusak tebing sungai hingga tanaman di perkebunan warga. Terkadang air mulai surut antara tiga hingga lima jam dengan ketinggian air rata-rata sepinggang orang dewasa.

Keuchik Desa Mesjid Kasman mengatakan, banjir luapan dari DAS Krueng Tangan-Tangan bukan perkara langka lagi. Akan tetapi sudah jadi hal biasa dan rutin terjadi. Bahkan tidak terhitung lagi berapa kerugian yang telah dialami warganya.

“Banjir seperti ini tidak asing lagi bagi kami. Hampir tiap tahun sering dilanda banjir dan tidak sedikit pula kerugian yang dialami warga akibat banjir ini,” ungkapnya.

Sejauh ini, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah desa setempat, mulai dari membangun tanggul pengaman banjir termasuk memperbaiki saluran. Akan tetapi luapan sungai tetap saja menggenangi pemukiman warga. Bisa jadi, sungai sudah mulai dangkal akibat penebalan sedimen.

“Kami berharap pemerintah kabupaten bisa melakukan normalisasi agar mengurangi dampak banjir di desa ini,”tuturnya.

Selain di Desa Mesjid, banjir luapan ini juga menggenangi pemukiman dan persawahan warga di Desa Padang Kawa, Pantee Geulumpang hingga Blang Padang dalam Kecamatan Tangan-Tangan. (ag)

Pos terkait