Pj Bupati Abdya Tinjau Lokasi Banjir Luapan

  • Whatsapp
Pj Bupati Abdya Tinjau Lokasi Banjir Luapan
Foto: analisisnews.com/agus s BANJIR LUAPAN: Pj Bupati Abdya, H. Darmansah, SPd, MM, Senin (23/1/23) meninjau langsung lokasi banjir luapan di kawasan depan Masjid Agung Baitul Ghafur, Desa Seunaloeh Kecamatan Blangpidie.

BLANGPIDIE-Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), H. Darmansah, SPd, MM, Senin (23/1/23) didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK), Armayadi ST dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Alfian Liswandar ST meninjau langsung lokasi banjir luapan di kawasan  depan Masjid Agung Baitul Ghafur, Desa Seunaloeh Kecamatan Blangpidie.

Pj Bupati Darmansah disela-sela peninjauan itu mengatakan, awalnya dia mendapatkan kiriman video banjir luapan di kawasan Depan Masjid Agung yang rata-rata ketinggian air mencapai selutut orang dewasa. Mendapatkan informasi itu, dia langsung bergerak ke lokasi dan menginstruksikan kepala dinas terkait untuk ikut serta turun ke lapangan.

“Siang tadi saya dapat kiriman vidio kondisi banjir luapan di badan jalan kawasan depan Masjid Agung Abdya. Mendapat informasi itu, saya langsung gerak cepat dan menginstruksikan dinas terkait agar sama-sama meninjau ke lokasi tersebut,” ujarnya.

Di lokasi itu, Pj Bupati Abdya juga sempat didampingi Keuchik Seunaloh di lokasi untuk meninjau kondisi luapan air dan mencari solusi cepat agar air bisa surut sehingga ketinggian genangan dapat berkurang. Saat itu, dia meminta keuchik agar mengajak masyarakat bergotong-royong serta turut dibantu dinas terkait membersihkan saluran pembuangan agar aliran air lebih lancar. Terkait kondisi itu, dia mengajak seluruh masyarakat Abdya untuk menggalakkan gotong-royong di lingkungan masing-masing agar terhindar dari musibah banjir.

“Sekitar dua jam proses pembersihan tuntas dilakukan, dan aliran air kembali lancar sehingga mengurangi ketinggian genangan air,” tuturnya.

Dia bersama dinas terkait turut mendiskusikan solusi penanganan banjir di badan jalan tersebut. Sebab jalan yang menghubungkan Kecamatan Jeumpa-Blangpidie ini di bawah kewenangan Pemerintah Provinsi Aceh. Untuk itu Pemkab Abdya telah mengusulkan lanjutan peningkatan jalan tersebut ke Pemerintah Provinsi Aceh dengan dukungan Wakil Ketua DPR Aceh, Safaruddin.

“Alhamdulillah informasi yang kami terima tahun ini akan dilanjutkan kembali pembangunan jalan tersebut, semoga menjadi solusi jangka panjang penanganan genangan air di wilayah ini,” sebutnya.(ag)

Pos terkait