160 Siswa Lulus Seleksi MAN Inovasi Abdya

160 Siswa Lulus Seleksi MAN Inovasi Abdya
Kepala MAN Inovasi Abdya Syamsullizarni, S.Pd

BLANGPIDIE-Sebanyak 160 siswa dinyatakan lulus pada seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2023/2024 di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Inovasi Aceh Barat Daya (Abdya). Kepala MAN 1 Inovasi Abdya Syamsullizarni, S.Pd Rabu (1/3/2023) mengatakan, 160 peserta didik baru yang dinyatakan lulus seleksi itu terdiri dari dua jalur, 72 siswa dari jalur undangan siswa berprestasi, kemudian dari jalur reguler atau umum ada 80 siswa ditambah dengan lulus cadangan 8 siswa.

“Ada sebanyak 215 siswa yang mendaftar dan mengikuti seleksi. Setelah menempuh berbagai tahapan seleksi, 160 siswa dinyatakan lulus,” paparnya.

Setiap tahunnya, minat siswa untuk melanjutkan pendidikan di MAN Inovasi Abdya terbilang tinggi, sehingga pihaknya merasa kewalahan akibat ketersediaan ruang kelas belajar yang terbatas. Sehingga penerimaan peserta didik baru harus dibatasi, lantaran daya tampung yang belum memadai.

“Yang berminat untuk melanjutkan pendidikan di MAN Inovasi Abdya terbilang tinggi. Namun kami tidak bisa menerima banyak siswa, lantaran ketersediaan ruang kelas belajar yang terbatas. Persoalan ini yang setiap tahun kami hadapi, sehingga upaya pembatasan harus dilakukan,” tuturnya.

Terkait kondisi itu, dia berharap Kementerian Agama maupun pemerintah daerah untuk dapat merespon persoalan tersebut, sehingga daya tampung siswa bisa lebih banyak.  Terlebih  MAN Inovasi Abdya  juga masih memiliki lahan kosong untuk didirikan bangunan ruang kelas belajar satu hingga dua unit.

“Sebenarnya kami Kasihan juga melihat anak-anak calon peserta didik yang tidak bisa mendapatkan haknya untuk menimba ilmu di MAN Inovasi ini. Tapi apa boleh buat, keterbatasan kelas untuk belajar menjadi penghalangnya. Semoga kedepan kami bisa menerima siswa lebih banyak lagi,” imbuhnya. (ag)