Disperindag Buka Pasar Murah di Abdya

Disperindag Buka Pasar Murah di Abdya
Kepala Diskop UKM Perindag Abdya, Amri AR ST

BLANGPIDIE-Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Aceh bekerja sama dengan Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Perdagangan (Diskop UKM Perindag) Aceh Barat Daya (Abdya) membuka pasar murah di tiga titik lokasi dalam wilayah kabupaten setempat.

Kepala Diskop UKM Perindag Abdya, Amri AR ST, Kamis (2/3/2023) mengatakan, pelaksanaan pasar murah ini dalam rangka menyambut bulan suci Ramdan yang jatuh pada bulan Maret ini. Hal ini sesuai dengan surat Kepala Disperindag Aceh nomor 510/899/PDN/II/2023 tanggal 20 Februari 2023. Dalam pelaksanaan pasar murah itu, pihaknya memfokuskan di tiga titik lokasi dalam Kabupaten Abdya, yakni wilayah Kecamatan Babahrot digelar pada hari ini Kamis (2/3/2023). Kemudian Jumat (3/3/2023) di Kecamatan Kuala Batee dan terakhir Sabtu (4/3/2023) di Kecamatan Susoh.

“Kami berharap dengan adanya pasar murah ini, kebutuhan warga dapat terbantu. Apalagi untuk memenuhi persediaan menjelang bulan puasa nanti,” katanya.

Mengenai barang yang akan dijual dalam pasar murah tersebut berupa beras, gula, minyak goreng kemasan, tepung terigu dan telur ayam.  Untuk Kabupaten Abdya, barang dari Disperindag Aceh yakni, beras sebanyak 11.250 kilogram, gula sebanyak 2.400 kilogram, minyak goreng 3.000 liter, tepung 750 kilogram dan telur ayam sebanyak 1.080 papan isi 30 butir.  Warga yang membeli bahan pakok tersebut akan mendapatkan subsidi harga yang berbeda dengan harga bahan pokok di pasaran pada umumnya. Dimana, beras, gula, minyak goreng dan tepung, masing-masing disubsidi sebesar Rp.5000 perkilogram/liter. Sedangkan, untuk telur juga disubsidi sebesar Rp.10.000 per papan.

Kegiatan yang juga bekerjasama dengan Bulog tersebut, dapat memberikan dampak positif bagi warga yang kemungkinan kondisi ekonominya dibawah rata-rata. Maka dari itu, masing-masing pembeli akan mendapatkan paket, beras 10 kilogram, minyak goreng 1 liter, gula pasir 2 kilogram, tepung terigu 1 kilogram dan telur ayam 1 papan.

“Warga yang akan membeli kami berikan kupon untuk mendapatkan bahan tersebut,” tuturnya. (ag)