Proklim Harus Terus Berkembang di Abdya

Proklim Harus Terus Berkembang di Abdya
Foto: analisisnews.com/agus s PROKLIM: 30 keuchik dalam Kabupaten Abdya Jumat (17/3/2023) mengikuti bimbinga teknis Proklim sekaligus penandatanganan fakta integritas yang berlangsung di aula pendopo bupati setempat.

BLANGPIDIE-Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), meminta Program Kampung Iklim (Proklim) di kabupaten setempat harus terus berkembang, khususnya bagi 30 gampong (desa) yang melaksanakan penandatanganan fakta integritas, agar nantinya bisa menjadi inspirasi bagi gampong-gampong yang lain agar ikut menjadi kampung iklim, sehingga lingkungan hidup di Abdya bisa terpelihara lebih baik. Hal tersebut disampaikannya dalam kegiatan bimbingan teknis Proklim dan penandatanganan fakta integritas 30 keuchik di aula pendopo bupati setempat, Jumat (17/3/2023).

“Atas nama Pemkab Abdya kami mengapresiasi sekaligus mengucapkan terima kasih kepada keuchik yang pada hari ini telah bersedia meluangkan waktu untuk hadir disini dalam rangka mengikuti bimbingan teknis Proklim sekaligus penandatanganan fakta integritas terkait Proklim,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan itu merupakan bentuk keseriusan Pemkab Abdya dalam berpartisipasi mulai dari tingkat gampong untuk menjaga serta melestarikan lingkungan daerah tempat tinggal.  Proklim ini adalah program nasional yang dikelola langsung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Program ini dibentuk dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca.

Pengembangan Proklim dilaksanakan selaras dengan implementasi strategi kebijakan pembangunan perdesaan, yaitu untuk mendukung terwujudnya kemandirian pangan dan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup yang berkelanjutan, dengan memanfaatkan inovasi dan teknologi tepat guna di perdesaan.  Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, partisipasi dan kapasitas masyarakat dalam upaya mengelola dan mengembangkan potensi yang ada di wilayah masing-masing, untuk menghadapi serta mengurangi dampak ataupun resiko bencana lingkungan akibat perubahan iklim. Sebagaimana dituangkan pada ketentuan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor 84 Tahun 2016 tentang Program Kampung Iklim.

Disebutkan, salah satu manfaat dari Proklim adalah meningkatnya ketahanan masyarakat dalam menghadapi variabilitas iklim dan dampak perubahan iklim. Selain itu masyarakat dapat melakukan beberapa kegiatan konservasi yang mana salah satunya yaitu dengan melakukan penamaman pohon yang bertujuan untuk mengurangi efek gas rumah kaca.

“Oleh karena itu kami meminta kepada semua pihak agar bisa mendukung pelaksanaan Proklim ini. Karena dengan dukungan semua pihak untuk berkontribusi dalam mewujudkan ketahanan masyarakat menghadapi perubahan iklim sangat menentukan keberhasilan program ini. Kami berharap kegiatan Proklim yang dilaksanakan hari ini dapat menjadi pondasi awal dalam rangka pembangunan yang mampu menjawab tantangan perubahan iklim,” imbuhnya.

Dari Proklim ini nantinya kalangan masyarakat akan mengenal bagaimana pengelolaan sampah yang baik, menciptakan ketahanan pangan, dari situlah terus dilakukan pembenahan. Tidak hanya berbicara soal infrastruktur dan pembangunan secara fisik saja, namun inilah bentuk keseriusan secara bersama-sama untuk peduli dengan persoalan lingkungan di Abdya.

Kampung iklim diharapkan menjadi program yang berkesinambungan dalam penanggulangan perubahan iklim di tingkat dasar. Oleh sebab itu dia meminta agar kegiatan Proklim terus dikembangkan di Abdya dengan melakukan seleksi dan membina desa-desa yang ada di Abdya untuk selanjutnya menjadi kampung iklim.

Keberhasilan pembangunan di Abdya adalah keberhasilan bersama seluruh masyarakat. Untuk itu, dia mengajak kepada aparatur pemerintah dan seluruh warga Abdya untuk berkomitmen bersatu padu memberikan karya dan prestasi yang terbaik bagi daerah yang dibanggakan ini.

“Semangat untuk bekerja keras, berkomitmen yang tinggi untuk membangun daerah tercinta ini agar lebih baik dan maju, karena hanya dengan kebersamaan dan bekerja keraslah kita dapat bangkit. Marilah bersama-sama saling memotivasi untuk berkomitmen dalam upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di Abdya dengan Proklim,” pungkasnya.(ag)