MIN Inovasi Abdya Aplikasikan Taklim Ramadan

MIN Inovasi Abdya Aplikasikan Taklim Ramadan
Foto: analisisnews.com/agus s TAKLIM RAMADAN: MIN Inovasi Abdya, selama dua pekan dalam bulan Ramadan 1444 Hijriah menerapkan Giat Taklim Ramadan yang diikuti para siswa dan dewan guru, Selasa (4/4/2023).

BLANGPIDIE-Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Inovasi Aceh Barat Daya (Abdya) selama dua pekan dalam bulan Ramadan 1444 Hijriah mengaplikasikan Giat Taklim Ramadan yang diikuti para siswa dan dewan guru.

Kepala MIN Inovasi Abdya, Yulisman SAg kepada wartawan, Selasa (4/4/2023) mengatakan, pelaksanaan Taklim Ramadan bertujuan untuk memberikan pendidikan atau pembelajaran secara khusus tentang Islam yang lebih mendalam kepada para siswa. Selain itu juga untuk menyemarakan bulan Ramadan yang penuh dengan keberkahan dan keampunan. Tidak hanya itu, kegiatan tersebut bisa memberikan motivasi bagi para siswa serta mengenalkan lebih dalam lagi makna serta kandungan dari pelaksanaan puasa Ramadan.

Dalam kegiatan Taklim Ramadan ini, para siswa disuguhkan dengan sejumlah kegiatan seperti Salat Dhuha berjemaah, pembinaan tahsin Quran, ibadah praktis, kaligrafi, qiraatil Quran, wawasan dinul Islam, tausiah Ramadan, infaq Ramadan, tahfiz, kajian Ramadan bersama dewan guru dan pegawai madrasah, forum kajian ilmiah Islam madrasah (FKI2M) serta buka puasa bersama dihari terakhir kegiatan.

“Kegiatan ini diikuti seluruh siswa MIN Inovasi Abdya yang dimulai sejak 3-15 April mendatang dan dibuka langsung oleh Kepala Madrasah. Khusus untuk FKI2M, para siswa melaksanakan kegiatan di luar sekolah seperti di masjid dengan menghadirkan pemateri dari luar sekolah,” ujarnya.

Ditambahkan, semua kegiatan taklim Ramadan dimaksud juga bertujuan untuk menambahkan khazanah keilmuan siswa di bidang nilai-nilai aspek keagamaan. Disamping memberikan pemahaman kepada siswa dan dewan guru tentang ilmu keagamaan, juga mengajak siswa untuk lebih bersemangat ke masjid sebagai tempat yang utama dan mulia di muka bumi. Giat Taklim Ramadan pelaksanaannya juga disesuaikan dengan jadwal belajar efektif sebagaimana yang telah ditetapkan dalam kalender akademik.

“Di MIN Inovasi Abdya, kegiatan ini sudah menjadi sebuah tradisi yang rutin dilaksanakan selama Ramadan. Dimulai dari Salat Dhuha berjemaah, kemudian dilanjutkan dengan tausiah, tahsin Alquran dan materi lain yang telah ditentukan. Selama kegiatan berlangsung banyak materi pembelajaran yang disampaikan dengan suasana santai tapi penuh makna, sehingga membuat para siswa tetap bersemangat, meski sedang melaksanakan ibadah puasa Ramadan,” terangnya.(ag)