Calon Anggota DPD RI, Sahidal Kastri Berkomitmen Akan Perjuangkan Hak-hak Daerah di Aceh

BANDA ACEH РCalon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Aceh, Nomor Urut 26  Drs. Sahidal Kastri, MPd, menyampaikan visi misinya yang kuat untuk memperjuangkan hak-hak dan pembangunan daerah di Aceh.

Dalam sebuah acara silaturahmi malam yang dihadiri oleh pendukung dan masyarakat di Kawasan Kajhu Aceh Besar beberapa hari lalu, Drs. Sahidal Kastri mengungkapkan komitmennya untuk mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi Aceh.

Drs. Sahidal Kastri, yang memiliki pengalaman luas dalam kepemimpinan di provinsi Aceh dan Sumatera Utara, menyoroti peran yang belum optimal dari DPD RI dalam membangun daerah sesuai amanah Undang-Undang Dasar.

Mantan Kepala Perwakilan Badan Kependudukan¬† dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Aceh dan Sumut itu, menegaskan bahwa DPD RI harus berfungsi sebagai perwakilan yang kuat bagi Aceh di tingkat nasional, setara dengan peran seorang “duta” atau utusan dari daerah untuk memperjuangkan kepentingan daerah di tingkat nasional.

“Dengan nama baik dan kejayaan Aceh, saya mewakili aspirasi masyarakat Aceh di tingkat nasional,” ungkap Drs. Sahidal Kastri.

Menurutnya, penting untuk mengembalikan kearifan lokal Aceh dalam proses pembangunan. Provinsi Aceh, katanya, memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah. Hal itu menjadi modal besar untuk membangun dan mendongkrak ekonomi di daerah.

“Kami akan mengupayakan agar kebijakan-kebijakan yang diterapkan di Aceh sesuai dengan kearifan lokal dan kebutuhan masyarakat. Ini akan menjadi salah satu fokus utama dalam program pembangunan kami,” tambah Drs. Sahidal Kastri.

Drs. Sahidal Kastri juga menyoroti isu kesehatan, pendidikan, dan ekonomi di Aceh. Ia berkomitmen untuk mengatasi masalah stunting, penyakit jiwa, serta ketimpangan pendidikan dengan mengusulkan program-program yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Aceh.

“Kami akan memperjuangkan alokasi anggaran yang lebih besar untuk Aceh, mengingat status Aceh sebagai salah satu daerah termiskin di Pulau Sumatera. Dana yang cukup akan mendukung berbagai program pembangunan yang kami rencanakan,” ujar Drs. Sahidal Kastri.

Dalam upaya memajukan sektor ekonomi, Drs. Sahidal Kastri menekankan pentingnya pemanfaatan sumber daya lokal, seperti industri sawit di Nagan Raya dan Subulussalam, untuk meningkatkan pendapatan asli daerah.

“Mengoptimalkan potensi ekonomi lokal akan menjadi prioritas kami. Kami akan berupaya untuk membuka peluang kerjasama dengan negara sahabat guna mendukung pengembangan sektor pertanian dan peternakan di Aceh,” jelasnya.

Drs. Sahidal Kastri juga menyoroti isu pertanahan yang masih rumit di Aceh, dengan banyaknya tanah yang belum bersertifikat. Ia berkomitmen untuk mengadvokasi kebijakan pusat dalam menyelesaikan masalah pertanahan ini demi kepentingan masyarakat Aceh.

Perjuangan untuk membangun Aceh, menurutnya membutuhkan kerjasama dan kesungguhan dari semua pihak. Ia berjanji untuk bekerja penuh demi kemajuan Aceh, dengan menggandeng semua elemen masyarakat dan membangun kemitraan yang kokoh antara pemerintah daerah, pusat, dan masyarakat.

Sebagai calon Anggota DPD RI yang memiliki pengalaman dan komitmen yang kuat, Drs. Sahidal Kastri siap menghadapi berbagai tantangan demi mewujudkan Aceh yang lebih baik dan sejahtera bagi seluruh rakyatnya.

Keuangan yang adil untuk Aceh

Selain itu, Drs. Sahidal Kastri juga menyoroti pentingnya perimbangan keuangan yang adil antara pusat dan daerah, terutama bagi Aceh sebagai salah satu daerah termiskin di Pulau Sumatera. Ia berkomitmen untuk memperjuangkan alokasi anggaran yang lebih besar bagi Aceh, sehingga dapat mendukung pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan sektor ekonomi lainnya di daerah tersebut.

“Kesejahteraan masyarakat Aceh tidak akan tercapai tanpa adanya perimbangan keuangan yang adil antara pusat dan daerah. Saya akan menjadi suara bagi Aceh di tingkat nasional untuk memastikan bahwa kepentingan daerah ini diakomodasi dengan baik dalam penetapan alokasi anggaran dari pemerintah pusat,” tegas Drs. Sahidal Kastri.

Tidak hanya itu, Drs. Sahidal Kastri juga menekankan pentingnya peningkatan kualitas SDM di Aceh sebagai salah satu kunci untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan. Ia berencana untuk mengadvokasi kebijakan dan program-program yang mendukung pendidikan, pelatihan kerja, dan pengembangan potensi SDM lokal di Aceh.

“Kualitas SDM merupakan aset terpenting dalam menjalankan pembangunan di Aceh. Saya akan berupaya keras untuk memastikan bahwa setiap individu di Aceh memiliki akses yang sama terhadap pendidikan, pelatihan, dan kesempatan untuk mengembangkan potensinya,” jelas Sahidal Kastri.

Sebagai calon Anggota DPD RI yang memiliki pengalaman dan dedikasi yang tinggi, Drs. Sahidal Kastri siap memperjuangkan hak-hak dan kepentingan masyarakat Aceh di tingkat nasional. Ia mengajak semua pihak untuk bersatu dan mendukung visi misinya dalam membangun Aceh yang lebih baik dan sejahtera bagi seluruh rakyatnya. (P)