Ruko Lantai Tiga Nyaris Hangus Terbakar

Ruko Lantai Tiga Nyaris Hangus Terbakar
Foto: analisisnews.com/agus s PADAMKAN API: Petugas BPBK Abdya saat berupaya memadamkan titik api di lantai tiga bangunan ruko di jalan Pendidikan Desa Meudang Ara Kecamatan Blangpidie, Jumat (15/3/2024).

BLANGPIDIE-Bangunan ruko (rumah toko) di jalan Pendidikan Desa Meudang Ara Kecamatan Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Jumat (15/3/2024) sekira pukul 10.15 WIB nyaris hangus terbakar. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya, Armayadi ST kepada wartawan mengatakan, awalnya posko induk BPBK mendapatkan kabar dari masyarakat terkait musibah kebakaran yang melanda satu unit ruko di kawasan jalan Pendidikan Desa Meudang Ara.

Pasca mendapatkan informasi tersebut, pihaknya langsung bergerak ke lokasi dengan melibatkan 5 unit armada pemadam kebakaran (Damkar) guna memadamkan titik api. Kobaran api muncul dibagian atas lantai tiga bangunan ruko dimaksud. Berkat kerjasama yang baik, kobakaran api berhasil dipadamkan sekira pukul 11.11 WIB sekaligus dilakukan pendinginan untuk mengantisipasi munculnya titik api kembali.

“Bangunan ruko permanen itu milik Mulizar (50) yang saat ini disewakan kepada Nurhayati (45) sebagai lokasi usaha. Akibat musibah kebakaran itu, lantai tiga yang digunakan sebagai gudang untuk menyimpang barang mengalami kerusakan akibat terbakar.  Sejauh ini penyebab terjadinya kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian,” ujarnya.

Ditambahkan, kondisi cuaca panas yang saat ini melanda wilayah Abdya dan sekitar membuat potensi terjadinya musibah kebakaran lebih mudah. Karenanya dia mengimbau seluruh warga Abdya untuk lebih berhati-hati dan menjaga titik aman seperti tidak melakukan pembakaran sampah, memeriksa secara berkala instalasi listrik, memeriksa kelayakan kompor gas, alat-alat eletronik termasuk tidak membakar hutan.

“Kepada masyarakat kami imbau untuk mewaspadai cuaca panas seperti saat ini. Apalagi selama ini banyak musibah kebakaran yang terjadi di musim panas,” imbuhnya.(ag)