Etnis Tionghoa Blangpidie Salurkan Ratusan Paket Sembako Kepada Masyarakat Muslim

BLANGPIDIE-Memperkuat persaudaraan dan toleransi antar etnis dan umat beragama, masyarakat etnis Tionghoa yang menetap Kota Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), yang tergabung dalam Yayasan HAKKA Aceh, memanfaatkan momentum bulan Ramadan 1445 Hijriah untuk berbagi ratusan paket sembako kepada masyarakat muslim.

Sebanyak 150 paket sembako dibagikan kepada warga muslim kurang mampu, dilakasanakan di salah satu rumah toko (ruko) berlokasi di Jalan Pasar Lama, Desa Pasar Blangpidie, Kamis (28/3/2024) sore. Etnis Tionghoa dari Suku Hakka dengan latarbelakang agama berbeda itu tampak ceria karena bisa berbagi dengan saudara muslim pada momentum bulan Ramadan. Paket sembako berisikan 5 kilogram (kg) beras kualitas super, mie instan, minyak goreng dan gula pasir, dibagikan kepada warga kurang mampu dari Desa Kedai Siblah, Pasar Blangpidie, Meudang Ara, Babah Lhueng dan Panton Raya. Warga dari beberapa desa tersebut datang ke lokasi dengan membawa kupon untuk menerima paket sembako yang disalurkan.

Salah seorang tokoh dari Etnis Tionghoa di Blangpidie, Chunfong dalam acara tersebut menjelaskan bahwa warga Tionghoa yang sudah lama hidup dan mencari rezeki di Kota Blangpidie sangat senang dan bahagia bisa berbagi dengan saudara Muslim dalam suasana bulan Ramadan seperti sekarang ini. Pendataan saudara muslim sebagai penerima paket sembako, menurut Chunfong dilakukan melalui kepala desa masing-masing sehingga tepat sasaran. Kegiatan sosial tersebut dijelaskan menjadi agenda rutin Yayasan Hakka Aceh yang memayungi warga etnis Tionghoa di Aceh, meskipun agama berbeda.

“Sebanyak 150 peket sembako yang disalurkan itu, sekitar 50 paket diantaranya diterima dari pihak Yayasan HAKA Aceh yang memang dalam bulan Ramadan 1445 H ini membagikan 2.160 peket sembako. Sedangkan 100 paket lainnya merupakan sumbangan dari warga Tionghoa di Blangpidie,” katanya.

Etnis Tionghoa yang mendiami Kota Blangpidie saat ini berjumlah sekitar 170 jiwa (47 KK) dengan latar belakang agama berbeda. Pada momentum tertentu mereka melakukan kegiatan sosial, antara lain membagikan paket sembako pada hari raya Waisak beberapa waktu lalu. Acara penyaluran paket sembako tersebut dari amatan wartawan, selain tampak hadir warga keturunan, juga hadir Wakapolres Abdya, Keuchik Kedai Siblah, Keuchik Pasar Blangpidie, termasuk Ketua Ikatan Keluarga Minang di Blangpidie.(ag)