Spesialis pembobolan Rumah Warga Di Langsa Timur Diringkus

LANGSA – Unit Reskrim Polsek Langsa Timur berhasil mengamankan terduga pelaku pembobolan rumah yang meresahkan warga di dua lokasi berbeda dalam wilayah hukum Polsek Langsa Timur, Jumat(24/5/2024).

Kapolres Langsa, AKBP Andy Rahmansyah, melalui Kapolsek Langsa Timur Iptu Aulia Budiman, kepada Analisisnews.com pada Jum’at (24/05/2024) membenarkan kejadian tersebut.

Aulia Budiman menjelaskan, bahwa tersangka inisial RS (20) berhasil diringkus Unit Reskrim dan Unit Intelkam Polsek Langsa Timur saat melakukan penyamaran di salah satu warung kopi di Jalan Medan-Banda Aceh Gampong Batee Puteh, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa, Selasa 21 mei 2024 sekira pukul 15.00.Wib.

Tersangka diringkus karena diduga telah melakukan 2 kasus pencurian di dua lokasi berbeda, pertama di perumahan dinas guru SD Negeri Matang Setui Gampong Matang Setui, Kecamatan Langsa Timur, Kota Langsa, Kamis (2/5/2024) sekira pukul 05.00.

“Dimana, korban Siti Fatimah Dura, (33) saat hendak shalat subuh melihat sepeda motornya BL 6165 DT serta laptop merk Asus warna hitam dan Hp merk Vivo Y71 warna hitam miliknya sudah hilang,” tegas Aulia.

Kasus Kedua, tersangka beraksi kembali melakukan pencurian dengan cara membobol rumah warga di Dusun Makmur, Gampong Asam Peutik, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa pada Jumat 03 mei 2024 sekitar pukul 06.00.

Kejadian tersebut diketahui ketika korban Bayu Andi Wijaya, 37 yang saat itu bangun tidur serta langsung ke kamar satunya dan melihat bahwa jendela kamar telah dicongkel.

“Kemudian korban melihat sepeda BMX warna hitam serta Hp Redmi 13 C warna merah putih dan Hp Infinix Smart 6 warna hijau sudah tidak ada lagi (hilang),” ujarnya.

Setelah menerima laporan korban, Unit Res Intel Polsek Langsa Timur langsung melakukan penyelidikan, dan kemudian pada Selasa tanggal 21 Mei 2024 sekira pukul 14.00 wib Unit Res Intel Polsek Langsa Timur mengetahui dari marketplace di facebook bahwa Handphone Merk Infinix smart warna Hitam dengan ciri- ciri yang sama disebutkan korban akan dijual.

“Kemudian anggota melakukan undercover sebagai pembeli HP dan terjadi transaksi tersebut sekira pukul 15:00 wib di sebuah warung yang beralamat di Jalan Medan-Banda Aceh, Gampong Batee Puteh, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa dan setelah bertemu dan melihat HP, ternyata benar HP hasil pencurian yang dilaporkan,” Sambung Kapolsek.

Dalam operasi penangkapan tersebut, turut diamankan sejumlah barang bukti terkait yaitu sepeda motor BL 6165 DT, Laptop merk Asus warna hitam, Hp Vivo Y71 warna Hitam, HP Redmi 13 C warna merah putih dan 1 HP Infinix Smart 6 warna hijau.

“Selanjutnya tersangka dan barang bukti diamankan ke Polsek Langsa Timur dan setelah dilakukan introgasi diketahui bahwa tersangka juga ada melakukan pencurian di beberapa TKP di wilayah hukum Polsek Langsa Timur,”tutupnya.(NJ)