Petani Desa Mesjid Terima Pupuk Gratis

Foto: analisisnews.com/agus s PUPUK: Keuchik Mesjid, Kasman menyerahkan pupuk gratis secara simbolis kepada petani di gedung BUMDes setempat, Sabtu (25/5/2024) sore.

BLANGPIDIE-Sebanyak 120 petani di Desa Mesjid, Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Sabtu (25/5/2024) menerima pupuk non subsidi secara gratis yang bersumber dari dana desa (DD) program ketahanan pangan tahun 2024.

Keuchik Mesjid, Kasman mengatakan, penyaluran pupuk non subsidi dengan jenis NPK 16-16-16 itu diserahkan langsung kepada petani penerima manfaat di gedung BUMDes setempat. Pengadaan bantuan pupuk itu bersumber dari anggaran dana desa tahun 2024 bidang ketahanan pangan yang terlaksana setelah adanya musyawarah bersama dengan sejumlah aparatur, tuha peut dan juga tokoh masyarakat setempat.

“Dalam musyawarah telah disepakati untuk pengadaan pupuk sebagian dari anggaran ketahanan pangan tersebut, mengingat petani sangat memerlukan pupuk untuk menjelang masa panen,” katanya didampingi PLD Muhajir dan Babinkantibmas Polsek Tangan-Tangan Briptu Firdaus serta Imum Mukim setempat, Mawardimar juga para aparatur Desa Mesjid.

Untuk penerimaan pupuk tahun ini, sebanyak 120 KK, dengan total masing-masing per KK mendapatkan 27 kilogram jenis pupuk NPK 16-16-16. Pupuk disalurkan lebih awal dan pihaknya sangat bersyukur karena mendapatkan tambahan anggaran dari Pemerintah Pusat. Anggaran ini difokuskan untuk ketahanan pangan. Semoga pupuk ini digunakan sebaik-baiknya, untuk meningkatkan produksi panen tahun 2024.

“Patut disyukuri juga, jelang masa panen ini bisa menyalurkan pupuk kepada warga yang notabene berprofesi sebagai petani. Ini sangat membantu masyarakat, mengingat kita sudah akan memasuki masa panen. Semoga hasil panen tahun ini bisa melimpah. Kami juga berharap pupuk ini tidak dijual dan bisa dipergunakan untuk keperluan sebenarnya. Karena kualitasnya sangat bagus bila dibandingkan dengan pupuk-pupuk lainnya,” imbuhnya.(ag)