SMP IT Nurul Ishlah Banda Aceh Lahirkan 76 Siswa Hafidz dan Hafdzah 1-16 Juz Al Quran

SMP IT Nurul Ishlah Lahirkan 76 Siswa Hafidz dan Hafdzah 1-16 Juz Al Quran. (Foto Fahrul Rizal)

BANDA ACEH – SMP IT Nurul Ishlah Banda Aceh mengadakan tasyakuran atau wisuda 76 hafidz/hafidzah kepada siswa/i kelas IX yang telah menyelesaikan hafalan dari 1-16 Juz Al-Quran tahun pelajaran 2023/2024 pada Sabtu (25/5/2024).

Kepala Sekolah SMP IT Nurul Ishlah Banda Aceh, Fahrul Rizal, M.Pd mengatakan SMP IT Nurul Ishlah banyak melaksanakan kegiatan untuk mencapai target hafalan siswa/i seperti memasukan pelajaran tahfidz pada kurikulum dan mendapat minimal 8 jam pelajaran per pekan.

Bacaan Lainnya

“Selanjutnya kegiatan-kegiatan penunjang menghafal/tilawah al-Qur’an serta pembiasaan karakter baik seperti Daurah al-Qur’an, Takhassus Al-Qur’an, Mukhayyam Al-Qur’an,” kata Fahrul Rizal kepada Analisisnews.com, Senin (27/5/2024).

Lebih lanjut ia menambahkan, sekolah sangat antusias mengadakan program-program yang dapat membantu siswa menyelesaikan hafalan siswa, seperti takhassus (program khusus menghafal 1 bulan tanpa belajar akademik).

Kemjudian DAR (Daurah Al-Qur’an Ramadhan), ifthar jama’I (buka puasa Bersama), Mukhayyam al-Qur’an, Malam Bina Iman dan Takwa, serta khataman Al-Qur’an dan sebagainya.

Sedangkan, Wakil Kepala Bidang Tahfidz, Nizan Zaujin Bahij, S.Pd.I menyebutkan bagaimana agar siswa sekolah dapat menghafal Al Quran dengan mudah.

“Insya Allah menghafal dimudahkan karena menghafal Al-Quran tidak perlu cerdas yang penting niat dan kemauan,” kataNizan.

Menurutnya, salah satu hal yang dapat mempengaruhi hafalan siswa dimulai dengan keinginan yang kuat, support orangtua, guru, keluarga, dan orang-orang terdekat sangat membantu siswa/I menyelesaikan hafalan al-Qur’an di SMP IT Nurul Ishlah.

“Sampai saat ini, walaupun sekolah bukan berasrama namun SMP IT Nurul Ishlah sudah melahirkan 8 orang peserta didik hafidz/hafidzah selama sekolah berdiri,” ujarnya.

Nizan juga menggambarkan bahwa secara umum, target minimal SMP IT Nurul Ishlah adalah 3 Juz, namun tidak menutup kemungkinan siswa yang bersemangat dan berpotensi menyelesaikan hafalan 30 Juz akan difasilitasi oleh sekolah, baik dengan program-program di sekolah maupun mitra lainnya diluar sekolah.

“Dan pada tahun ini sebanyak 5 orang peserta didik berhasil menghafal di atas 10 Juz,” sebutnya.

Diketahui, sekolah SMP IT Nurul Ishlah Banda Aceh beralamat di Lambaro Skep, Kecamatan Kuta Alam. Sekolah ini merupakan salah satu sekolah tahfidz Qur’an full day school di Banda Aceh.

Meskipun bukan sekolah boarding, SMP IT Nurul Ishlah bertekad tetap melahirkan para hafidz/hafidzah dengan tetap menyeimbangkan proses pembelajaran berdasarkan kurikulum nasional dan Kurikulum Islam Terpadu. (Far)