Diduga Peternakan Ayam Wabah Berkeliaran Di Pemukiman Kecamatan Banda Alam

IDI — Sejumlah warga diserang wabah berupa Lalat diduga berasal dari Perusahaan Peternakan Ayam yang tidak jauh dari pemukiman warga desa (gampong) Kecamatan Banda Alam, Kabupaten Aceh Timur, Kamis (30/05/ 2024).

Salah satu warga desa Kecamatan Bandar Alam, Mustafa menyampaikan akibatnya membuat aktivitas warga terganggu dan merugikan para pedagang bahkan masyarakat rentan diserang penyakit diantaranya Diare, Muntah dan lainya.

“Wabah Lalat sudah sangat sering terjadi semenjak berdirinya sejumlah perusahaan peternakan ayam di Kecamatan Banda Alam, setelah Ayam dipanen maka wabah Lalat mulai menyerang pemukiman warga berbulan-bulan lamanya baru wabah tersebut berakhir untuk sementara,” papar Mustafa

Lanjut Mustafa meski wabah lalat sering terjadi selama kurun waktu 4 tahun sampai hari ini belum ada solusi khususnya drai kepala desa dan pemerintah daerah, namun terkait izin operasional perusahaan peternakan ayam tersebut Mustafa mengaku kurang mengetahui,” terang

Kepala Dinas Lingkungan Hidup kabupaten (DLHK) Aceh Timur Muslidar. SH melalui Kepala Bidang, Herman mengatakan terkait izin lingkungan perusahaan peternakan ayam di kecamatan Banda Alam tidak ada izin lingkungan dari DLHK Aceh Timur, namun dirinya mengaku akan segara turun kelokasi untuk melakukan peninjauan secara langsung.

“Setau saya perusahaan peternakan ayam di Kecamatan Banda Alam tidak ada izin lingkungan dari DLHK, kita secepatnya akan kelokasi untuk meninjau perusahaan tersebut,” pungkas Herman.

Camat Banda Alam Iskandarsyah saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya akan segera memanggil Kepala Desa tempat perusahaan peternakan ayam beroperasi untuk mencari solusi,” ujarnya.

(fzn)