Satres Narkoba Polres Abdya Tangkap Tiga Pengguna Sabu

BLANGPIDIE-Satres Narkoba Polres Aceh Barat Daya (Abdya) kembali menangkap tiga pengguna narkotika jenis sabu. Penangkapan tidak pelaku penyalahgunaan narkoba ini terjadi di dua lokasi berbeda. Bahkan salah seorang pelaku merupakan pemain lama yang baru dua bulan menyelesaikan masa tahanannya dalam kasus serupa.

Kapolres Abdya, AKBP Agus Sulistianto SH SIK melalui Kasat Narkoba, Iptu Henki Harianto SH MH Jumat (31/5/2024) menerangkan, ketiga pelaku yang masih berusia muda itu yakni B (21) warga Desa Alue Pisang, S (24) warga Desa Padang Sikabu dan DS (23) warga Desa Gelanggang Gajah yang merupakan residivis kasus narkoba. Mereka ditangkap pasca Satres Narkoba mendapatkan informasi adanya tindakan penyalahgunaan narkoba. Berbekal informasi itu, Rabu (29/5/2024) sekira pukul 22.00 WIB petugas bergerak ke Desa Lhok Gajah Kecamatan Kuala Batee dan mendapatkan 2 pelaku. Tidak menunggu lama, 2 pelaku langsung diamankan dan dilakukan penggeledahan. Petugas berhasil menemukan barang bukti berupa sabu yang disimpan dalam bungkusan rokok yang diletakan dipinggir jalan sekitar posisi pelaku berada.

Berdasarkan hasil interogasi, kemudian petugas melakukan pengembangan kasus dan langsung menuju ke rumah pelaku lainnya yaksi DS alias Ompong didampingi perangkat desa kemudian menuju rumah pelaku di Desa Gelanggang Gajah Kecamatan Kuala Batee. Pelaku sempat berupaya melarikan diri lewat pintu belakang rumahnya lantaran mengetahui kedatangan Polisi. Namun sayang aksi nekadnya untuk kabur berhasil digagalkan oleh petugas yang telah siaga di seputaran kediamannya, meski sempat melakukan upaya perlawanan.

“Saat akan diamankan pelaku berlari sambil melemparkan handphone yang dipegang olehnya hingga handphone tersebut rusak. Kemudian saat pelaku akan diamankan, keluarga pelaku juga ikut melakukan perlawanan dengan cara merebut borgol milik petugas,” paparnya.

Tindakan itu berhasil diredam oleh petugas yang kemudian melakukan penggeledahan di dalam rumah dan menemukan bungkusan sabu yang telah kosong. Petugas meyakini bahwa barang bukti berupa narkotika yang diduga jenis sabu tersebut telah dibuang ke saluran pembuangan air oleh pelaku. Berdasarkan bukti yang cukup kemudian ketiga pelaku yang telah diamankan beserta barang bukti yang ditemukan langsung dibawa ke Mapolres Abdya guna dilakukan poses hukum lebih lanjut.(ag)