Jelang Keberangkatan, Jemaah Calon Haji Abdya Dipeusijuk

Foto: analisisnews.com/agus s PEUSIJUK: Penjabat Bupati Abdya H Darmansah SPd MM, Sabtu (1/6/2024) mempeusijuk (Tempung tawar) 97 jemaah calon haji (JCH) di Masjid Agung Baitul Ghafur kabupaten setempat.

BLANGPIDIE-Penjabat Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) H Darmansah SPd MM, Sabtu (1/6/2024) mempeusijuk (Tempung tawar) 97 jemaah calon haji (JCH) di Masjid Agung Baitul Ghafur kabupaten setempat. Tidak hanya peusijuk, 97 JCH ini juga dilepas keberangkatannya ke Mekkah. Di momen serupa, para JCH ini juga mendapatkan uang makan dan minum selama dalam perjalanan dari Pemkab Abdya sebanyak Rp.1 juta per jemaah. Tidak sampai disitu, para tamu Allah SWT ini juga difasilitasi oleh Pemkab Abdya hingga Banda Aceh.

Pj Bupati Abdya, H Darmansah SPd MM dalam kesempatan itu mengatakan, keberangkatan haji saat ini sudah sangat sulit karena terbatas kuota haji yang diberikan. Sehingga bagi CJH yang mendapatkan kesempatan untuk berangkat haji tahun ini tentunya adalah kesempatan yang harus digunakan sebaik mungkin.

Dia juga mengingatkan para JCH untuk melaksanakan rukun haji dengan maksimal agar bisa menjadi haji yang mabrur. Selain itu, menjaga kesehatan juga bagian terpenting bagi jemaah, agar proses pelaksanaan rukun haji tidak terkendala.

“Jaga kesehatan agar setiap rukun haji nantinya bisa dilaksanakan dengan baik dan menjadi haji yang mabrur. Kami doakan semua JCH dapat melaksanakan ibadah haji ini dengan maksimal dan selamat pergi serta pulang nantinya. Doakan juga kabupaten tercinta kita ini, agar bisa lebih maju,” imbunnya.

Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Abdya, Ubaidillah mengatakan, 97 JCH Abdya nantinya akan bergabung dengan Kloter 12. Sebenarnya jumlah JCH yang terdata sebanyak 98 orang, karena meninggal satu orang, sehingga JCH Abdya yang berangkat ke tanah suci sebanyak 97 orang. JCH yang berangkat ini ada yang berusia 80 tahun empat orang, berumur 70 tahun sebanyak 10 orang dan ada 2 JCH muda satu laki-laki bernama Misbahul Munir Jakfar berumur 24 tahun, dan satu lagi perempuan bernama Uul Silvi Yanti berumur 25 tahun.

“Kami doakan semua JCH diberikan kemudahan, kekuatan dan kesehatan dalam mengikuti semua rukun ibadah haji. Selamat pergi dan kembali lagi ke kampung halaman,” pungkasnya. (ag)