Sosialisasikan Keselamatan Berlalulintas, Satlantas Polres Abdya Bagikan Puluhan Helm

  • Whatsapp
analisnews.com/agus: PASANGKAN HELM: Kapolres Abdya, AKBP Moh Basori SIK didampingi Kasatlantas, Iptu Adek Taufik, SIK foto bersama usai kegiatan sosialisasi keselamatan berlalulintas di jalan raya, Selasa (30/4/2019).

BLANGPIDIE-Satlantas Polres Aceh Barat Daya (Abdya), Selasa (30/4/2019) mensosialisasikan keselamatan berlalulintas kepada pengguna jalan. Dalam sosialisasi itu, pihaknya membagikan puluhan helm kepada sejumlah pengendara yang melintas.

Kapolres Abdya, AKBP Moh Basori, SIK melalui Kasatlantas, Iptu Adek Taufik, SIK mengatakan sosialisasi yang disertai dengan pembagian puluhan helm kepada pengendara itu merupakan bagian dari operasi keselamatan Rencong 2019.  Hal itu dilakukan untuk memberi pemahaman kepada para pengguna jalan agar selalu tertib dalam berlalulintas. Ada puluhan helm berstandar nasional Indonesia yang dibagikan kepada pengendara yang tidak menggunakan helm di depan dan di belakang saat berbonceng, termasuk kepada pengendara yang helmnya telah lusuh dan rusak.

Dijelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan pesan-pesan Kamseltibcar Lantas dan etika berlalulintas kepada para pengendara, agar mereka khususnya pelajar dapat meningkatkan kedisiplinan dalam berlalu lintas, mengurangi pelanggaran dan kecelakaan di jalan raya. Menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan harus melibatkan peran aktif masyarakat sebagai pelopor keselamatan berlalulintas dan menjadikan keselamatan sebagai kebutuhan serta meningkatnya kepercayaan dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib berlalu lintas.

Apabila pelajar yang umurnya sudah mencapai 17 tahun, hendaknya saat mengendarai sepeda motor di jalan raya agar dapat melengkapi surat-surat kendaraan seperti SIM (Surat Izin Mengemudi) dan tidak lupa menggunakan helm. Sosialisasi itu juga dianggapnya sebagai pertanggungjawaban moral Satlantas Polres Abdya dalam mengajak semua pengguna jalan agar selamat dalam berkendara. Terlebih angka kasus kecelakaan lalulintas yang terjadi di Abdya ini dianggapnya masih tinggi.

“Kegiatan ini sebagai bentuk tanggungjawab moral Satlantas Polres Abdya, mengingat jumlah kasus kecelakaan disini terbilang tinggi, sehingga dengan berbagai sosialisasi kami harap pengendara makin sadar,” jelasnya.

Apalagi para pengguna jalan khususnya para pelajar yang merupakan generasi penerus bangsa, untuk tumbuh menjadi generasi cerdas tentu perlu terjaga yakni dengan taat berlalu lintas. Sebab cikal bakal dari kecelakaan itu berawal dari ketidaktahuan pengendara dan pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara itu sendiri.

“Karena mereka adalah generasi penerus bangsa, maka kami mengimbauan kepada mereka untuk menaati aturan dan tata tertib yang ada dijalan biar selamat.  Semoga ke depannya ketertiban dalam berlalulintas semakin meningkat,” tuturnya.

Dalam kegiatan sosialisasi yang berlangsung di kawasan jalan Nasional Desa Geulumpang Payong Kecamatan Blangpidie tepatnya di depan gardu lantas itu turut dihadiri Kapolres Abdya, AKBP Moh Basori SIK. Bahkan Kapolres juga membagikan langsung helm dimaksud kepada pengendara yang sesuai kriteria pasca diberikannya pemahaman tentang pentingnya tertib berlalulintas. 

Khadafi salah seorang pengendara kepada wartawan mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang dilakukan Satlantas Polres Abdya. Apalagi saat sosialisasi berlangsung, Kapolres AKBP Moh Basori SIK terjun langsung ke lapangan guna memberikan pemahaman kepada pengendara.

“Kegiatan ini sangat positif dan memiliki manfaat cukup baik bagi pengendara yang selama ini awam dalam hal tertib berlalulintas. Semoga kegiatan ini terus berlanjut dan mampu menekan angka kecelakaan dan pelanggaran lalulintas di Abdya, ” tuturnya. (ag)

Pos terkait