Sadis! Diduga Korban Perampokan, Seorang Lansia Kritis

LANGSA – Seorang wanita lanjut diperkirakan berusia 63 tahun kritis setelah rumahnya diduga disatroni perampok di gampong timbang langsa kecamatan langsa baro pada sabtu, (18/5/2024) dini hari.

Humas RSUD Langsa, Arwinsyah,SKM membenarkan ada pasien yang diduga korban kekerasan masuk ke IGD RSUD Langsa.

Korban inisial KRN mengalami memar pada bagian wajah, bahu, rahang dan kaki kanan patah diduga dianiaya dengan benda tumpul.

“Sudah ditangani, Sementara pasien rawat ICU, Saran dari DPJP pasien dirujuk,” Ungkapnya.

Sementara, Anak kandung korban inisial PA saat dikonfirmasi Analisisnews.com Sabtu (18/5/2024) mengatakan, pada malam kejadian ia sedang bekerja di bagian perkebunan dan pulang sekitar pukul 06.30 wib. Sesampai dirumah ia mendapati korban sudah tergeletak bersimbah darah.

Belum diketahui motif penganiayaan tersebut, hingga berita ini tayang awak media belum mendapatkan konfirmasi resmi dari kepolisian.(NJ)

Masyarakat Mengurus Adminduk di Disdukcapil Abdya Diingatkan Berpakaian Sopan

BLANGPIDIE-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Barat Daya (Abdya) mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat kabupaten setempat yang akan mengurus administrasi kependudukan (Adminduk) harus berpakaian sopan dan Islami. Hal itu disampaikan Kadisdukcapil Abdya, Jamaluddin kepada wartawan Jumat (17/5/2024).

Disebutkan, selama ini banyak ditemukan masyarakat yang datang ke Disdukcapil untuk mengurus dokumen Adminduk seperti kartu tanda penduduk (KTP), kartu identitas anak (KIA), kartu keluarga (KK), akte kelahiran, akte kelahiran dan dokumen lainnya dengan mengenakan pakaian yang kurang sopan. Padahal berpakaian yang sopan serta menutup aurat bagi laki-laki dan perempuan memang telah diatur dalam agama Islam. Bahkan secara khsusus di Provinsi Aceh juga telah ditetapkan qanun yang mengatur tentang berpakaian berdasarkan syariat Islam yakni dalam Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2002 pasal 13.

“Banyak kami temukan masyarakat yang berpakaian kurang sopan seperti bercelana di atas lutut bagi laki-laki, tidak mengenakan jilbab dan berpakaian sempit bagi perempuan. Selama ini telah banyak kami ingatkan bagi siapa saja masyarakat yang datang ke Disdukcapil untuk keperluan mengurus dokumen Adminduk agar berpakaian yang sopan dan menutup aurat, baik itu laki-laki maupun perempuan,” paparnya.

Ditambahkan, sudah menjadi kewajiban bagi semua umat muslim untuk menutup aurat yang dimilikinya dengan busana yang sopan dan sesuai syariat agama. Hal ini dilakukan sebagai bentuk ketaatan umat muslim kepada Tuhannya. Menutup aurat dengan berbusana muslim yang baik dan sesuai dengan syariat bukan hanya dilakukan oleh perempuan, tetapi juga berlaku untuk laki-laki.

Aurat merupakan bagian tubuh seseorang yang tidak boleh terlihat oleh orang yang bukan mahramnya. Sudah menjadi kewajiban bagi semua umat muslim untuk selalu menjaga dan menutupi auratnya dari seseorang yang bukan mahram. Baik laki-laki maupun perempuan tentu memiliki aurat yang harus dijaga dengan baik. Aurat perempuan yang haram untuk dilihat bagi seseorang yang bukan mahramnya adalah seluruh bagian tubuh, kecuali pada bagian wajah dan telapak tangan. Sedangkan, bagian tubuh dari laki-laki yang merupakan aurat adalah bagian pusar sampai dengan lutut.

“Hal ini akan terus kami sampaikan dan disosialisasikan termasuk dengan memasang spanduk berupa himbauan untuk berbusana muslim kepada masyarakat saat mengurus dokumen Adminduk di Disdukcapil Abdya. Tentu yang diharapkan berbusana muslim tidak hanya di lingkungan Disdukcapil saja, namun di lingkungan lain juga diterapkan,” imbuhnya.(ag)

DPC PKB Kota Banda Aceh Buka Pendaftaran Bacalon Walikota

BANDA ACEH – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Banda Aceh resmi membuka pendaftaran bakal calon (bacalon) Walikota Banda Aceh untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Hal ini disampaikan Ketua Desk Pilkada 2024 DPC PKB Banda Aceh, Ubaidillah, di kantor DPC PKB Kota Banda Aceh, Kamis (16/5/2024).

Ubaidillah menjelaskan bahwa pendaftaran bacalon Walikota ini merupakan langkah awal dari PKB untuk menghadirkan pemimpin yang mampu membawa perubahan dan kemajuan bagi Kota Banda Aceh.

“Kami membuka pintu selebar-lebarnya bagi putra-putri terbaik Banda Aceh yang memiliki visi dan komitmen kuat untuk membangun kota ini,” ujar Ubaidillah didampingi Sekretaris Pilkada 2024 DPC PKB Banda Aceh, Irwan, dalam konferensi pers yang diadakan hari ini.

Menurut Ubaidillah, pendaftaran akan dimulai dari tanggal 16 Mei 2024. Pendaftaran dapat dilakukan di kantor DPC PKB Banda Aceh setiap hari kerja dari pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. “Kami berharap seluruh calon yang mendaftar dapat menunjukkan kompetensi, integritas, dan dedikasi tinggi untuk masyarakat Banda Aceh,” tambahnya.

Lebih lanjut, Ubaidillah, menambahkan bahwa PKB Kota Banda Aceh akan melakukan seleksi dan verifikasi terhadap setiap bacalon yang mendaftar. “Proses seleksi ini bertujuan untuk memastikan bahwa calon yang diusung PKB adalah individu yang benar-benar siap dan mampu memimpin Banda Aceh ke arah yang lebih baik,” jelasnya.

Selain itu, Ubaidillah juga menyebutkan bahwa PKB akan mengedepankan prinsip transparansi dan keterbukaan dalam seluruh proses penjaringan dan seleksi bacalon Walikota. “Kami ingin memastikan bahwa proses ini berjalan dengan adil dan tidak ada intervensi dari pihak manapun,” tegasnya.

Dengan dibukanya pendaftaran ini, PKB Kota Banda Aceh berharap dapat menemukan calon pemimpin yang tepat untuk membawa perubahan positif bagi Banda Aceh. “Kami optimis, dengan dukungan masyarakat dan kerja keras semua pihak, PKB akan mampu menghadirkan pemimpin yang dapat menjawab tantangan dan kebutuhan kota ini,” kata Ubaidillah.

Bagi warga yang tertarik untuk mencalonkan diri atau ingin mengetahui informasi lebih lanjut, dapat mengunjungi kantor DPC PKB Kota Banda Aceh di Jalan Prof. Majid Ibrahim Kota Banda Aceh. (red/b)

KIP Abdya Lantik 45 PPK Pilkada

BLANGPIDIE-Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat Daya (Abdya), Kamis (16/5/2024) resmi melantik 45 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur-Wakil Gubernur, Bupati-Wakil Bupati tahun 2024. Penetapan 45 PPK yang tersebar di sembilan kecamatan itu tertuang dalam hasil pengumuman KIP Abdya Nomor: 241/PP.04-Pu/1112/2024 Tentang Hasil Penetapan Seleksi Calon Anggota PPK Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024.

Ketua Devisi Sosialisasi dan SDM KIP Abdya, Sayuti SPdI kepada wartawan, mengatakan, dalam pelantikan itu telah ditetapkan sebanyak lima orang PPK setiap kecamatan dengan total keseluruhan 45 PPK yang tersebar di sembilan kecamatan dalam Kabupaten Abdya.

Mereka yang dilantik yakni Kecamatan Blangpidie, Zulfajri, Yenni Rozita, Linda Deviana, Qonita Royani Salpina dan Ahlan Firdaus. Kecamatan Susoh diantaranya, Rahmat Hidayat, Said Fitra Buana Samudra, Firdaus, Dahlia Nur dan Hadizah Mardinata. Selanjutnya, Kecamatan Jeumpa yakni, Bismi hendra, Dhelsy Nahraisyah Azma, Muzahar, Supriadi dan Yulisma. Kemudian, Kecamatan Kuala Batee ada Nasrul. A, Mawardi, Sopiyuna, Muhammad Faizin dan Nova Sari.

Berikutnya, Kecamatan Babahrot terdiri dari Mailidar, Safrizal, Edikar, Syafrizal dan Ali Mursam. Seterusnya lagi, Kecamatan Setia, Nasrullah, Rosi Jaleka, Dasrizal, Irwan dan Satria. Berikutnya lagi Kecamatan Tangan-Tangan ditempati Fifit Purnama, Murdani, Muhammad Ikhsan, Siska Rahmayanti dan Suherman. Kecamatan Manggeng ada Ona Maulana, Alhamdulillah Iqbal, Marja Zaila, Kadri Gusriyan dan Muhammad Nasrul. Terakhir Kecamatan Lembah Sabil ada Thaifa Herizal, Wildanul, Agusma Indra, Alfat Febryan Saputra dan Muzakir. (ag)

Ribuan Pendukung Padati Kediaman Bacalon Bupati Abdya H Salman Alfarisi

BLANGPIDIE-Ribuan pendukung Bakal Calon (Bacalon) Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), H Salman Alfarisi, Rabu (15/5/2024) malam memadati kediamannya di Desa Kuta Tuha Kecamatan Blangpidie kabupaten setempat. Kedatangan ribuan pendukung yang terdiri dari tokoh masyarakat, agama, adat, pemuda hingga relawan dari 152 desa dan 9 kecamatan itu bertujuan untuk bersilaturahmi sekaligus menyatakan dukungan terhadap H Salman Alfarisi sebagai Bacalon Bupati Abdya untuk lima tahun mendatang.

Bacalon Bupati Abdya, H Salman Alfarisi merasa terharu melihat tingginya dukungan terhadap dirinya yang dibuktikan dengan kehadiran ribuan pendukung dari berbagai unsur di kediamannya. Dia mengucapkan terimakasih atas kehadiran para pendukung dan sekaligus menyatakan dukungannya agar bisa memenangkan Pilkada dan bisa memimpin Abdya lima tahun kedepan.

“Saya mengambil langkah maju sebagai Bacalon Bupati Abdya untuk periode 2024-2029. Keputusan ini tidak terlepas dari dorongan dan dukungan keluarga, kerabat, relawan, serta simpatisan yang mengharapkan saya untuk maju dan memenangkan Pilkada,” ujarnya.

Dia menegaskan bahwa perjuangan ini adalah perjuangan bersama, dari awal hingga nanti, untuk membangun Kabupaten Abdya menjadi lebih baik lagi. Akan hal itu dia memohon doa restu agar dirinya dan keluarga diberikan kesehatan, sehingga cita-cita yang diharapkan dapat terwujud, didukung dengan doa dari semua pihak.

“Apabila Allah SWT meridhai perjuangan kita dan saya terpilih menjadi Bupati Abdya, saya memohon agar saudara-saudara semua tidak meninggalkan saya. Mari kita bersama-sama membangun Abdya agar menjadi lebih maju dan bermartabat,” harapnya.

Hingga saat ini, Bacalon Bupati Abdya, H Salman Alfarisi telah mendaftarkan diri ke beberapa partai politik untuk mendapat dukungan sebagai Bacalon Bupati di Pilkada 2024. Dia juga menyatakan, bahwa beberapa partai politik telah menyatakan dukungan terhadap dirinya.(ag)

Bank Aceh, BUMD Pertama di Aceh yang Salurkan Zakat Rp.14,3 Miliar

BANDA ACEH – PT. Bank Aceh Syariah telah mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Tahun Buku 2023 dan salah satu agendanya telah menyetujui penyaluran zakat perusahaan sebesar Rp.14,3 milyar untuk tahun 2024

Zakat perusahaan tersebut rencananya akan disalurkan melalui Baitul Mal Aceh dan Baitul Mal Kabupate/Kota se-Aceh. Penyetoran zakat perusahaan merupakan salah satu bukti kontribusi nyata Bank Aceh bagi masyarakat Aceh.

Plt. Direktur Utama Fadhil Ilyas mengatakan, Bank Aceh merupakan BUMD pertama di Aceh yang menyalurkan zakat perusahaan. “Alhamdulillah, Bank Aceh merupakan BUMD pertama milik Rakyat Aceh yang menyalurkan zakat perusahaan,” ujar Fadhil.

Zakat berperan penting dalam mekanisme distribusi pendapatan dalam perekonomian. Hal ini dapat terwujud jika potensi zakat benar-benar dapat dieksplorasi secara efektif dan berdaya guna.

Atas maksud tersebut Bank Aceh berkolaborasi dengan Baitul Mal agar zakat dapat tersalurkan tepat sasaran dan dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat yang membutuhkan.

Fadhil Ilyas menambahkan bahwa Bank Aceh sebagai bank syariah dalam menjalankan usahanya tidak hanya berorientasi pada profit tetapi juga aktifitas sosial yang mengandung nilai ibadah dan memiliki manfaat untuk kemaslahatan umat.

Salah satunya melalui penyaluran zakat perusahaan. Fadhil juga berharap kontribusi zakat dari Bank Aceh dapat meningkatkan kesejahteraan dan pengentasan kemiskinan.

Bank Aceh juga mengajak kepada nasabah dan masyarakat untuk dapat berzakat sekaligus berinfaq melalui memiliki layanan ZIS pada Action Mobile Banking Bank Aceh. Mari bersama perkuat ekonomi daerah melalui zakat dan infak. (r/mel)

RSUDTP Abdya Akan Buka Layanan Ortopedi

BLANGPIDIE-Unit Pelaksana Teknis Daerah Rumah Sakit Umum Daerah Tengku Peukan (UPTD RSUDTP) Aceh Barat Daya (Abdya) dalam waktu dekat akan membuka layanan poli Spesialis Ortopedi dan Traumatologi. Direktur RSUDTP Abdya, dr Aris Fazeriandy, Sp.A kepada wartawan Rabu (15/5/2024) membenarkan jika UPTD RSUDTP Abdya akan membuka layanan poli Spesialis Ortopedi dan Traumatologi. Saat ini pihaknya sedang melakukan proses kredensialing yang merupakan salah satu bentuk penjaminan mutu terhadap keselamatan pasien.

“Ini merupakan bentuk komitmen Pj Bupati Abdya H Darmansah SPd MM untuk memberikan layanan kesehatan terbaik kepada masyarakat.  Layanan kesehatan Ortopedi dan Traumatologi di RSUDTP Abdya ini nantinya akan menjadi satu-satunya di wilayah Barat Selatan Aceh,” ujarnya didampingi Kabid Penunjang Medis, T Fakhruddin.

Penyediaan layanan Ortopedi dan Traumatologi ini didasari banyaknya masyarakat Abdya yang memerlukan layanan kesehatan di bidang kesehatan yang terdiri dari tulang, otot, sendi, ligamen, saraf, dan jaringan yang menghubungkan tulang dan sendi (tendon). Serta kebutuhan masyarakat akan pelayanan bedah ortopedi, tindakan operasi untuk mengobati masalah tulang, sendi, otot, tendon dan ligamen akibat kecelakaan, cedera, trauma dan kondisi kronis lain. Hadirnya layanan dimaksud juga didukung dengan hadirnya dokter spesialis Ortopedi dan Traumatologi yakni dr Zulpan Zulkarnain SP.OT.

Dia berharap dengan hadirnya layanan Ortopedi dan Traumatologi di RSUDTP Abdya, bisa menjadi pusat layanan kesehatan terbaik di wilayah Barat Selatan Aceh. Apalagi tantangan kedepan, pihaknya akan menjadikan RSUDTP Abdya sebagai pusat rujukan layanan Ortopedi dan Traumatologi di wilayah Barat Selatan Aceh.

“Karenanya kami harapkan dukungan penuh dari seluruh elemen masyarakat agar layanan kesehatan di RSUDTP Abdya semakin lebih baik dan kedepan layanan spesialis juga akan bertambah lengkap,” imbuhnya.(ag)

Bacalon Bupati Abdya H Salman Alfarisi Antar Langsung Berkas Pencalonanya ke Demokrat Aceh

BANDA ACEH-Bakal calon (Bacalon) Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), H Salman Alfarisi secara resmi mengantarkan berkas pencalonannya sebagai Bacalon Bupati ke Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Aceh. Kedatangan dirinya secara langsung tanpa perwakilan itu merupakan bentuk keseriusan dirinya maju dan bersaing di Pilkada 2024.

Dikesempatan itu Bacalon Bupati Abdya, H Salman Alfarisi Senin (13/5/2024) menegaskan dirinya tetap berkomitmen untuk mengikuti mekanisme partai dan tentunya dukungan penuh dari Partai Demokrat sangat dinantikan. Bahkan dia sangat bersyukur bisa mengantarkan langsung berkas pendaftarannya ke DPD Demokrat Aceh.

Saat mengantarkan berkas pendaftaran, H Salman Alfarisi turut didampingi Ketua dan Pengurus DPC Demokrat Abdya serta kerabat lainnya. Tekad yang kuat untuk menjadikan Abdya sebagai kabupaten yang lebih memang telah tertanam sejak awal. Sehingga dia merasa sangat yakin dukungan dari Partai Demokrat akan mampu mengantarkan dirinya sebagai pemimpin Abdya yang amanah.

“Saya memang sangat berharap bisa membangun Abdya bersama-sama dengan Partai Demokrat. Apalagi hubungan baik selama ini memang telah terbangun. Jika bersama tentu akan lebih mudah dalam membangun Abdya,” harapnya.(ag)

Jufri Hasanuddin Siap Gandeng Kader Terbaik Demokrat untuk Calon Wakil Bupati

BANDA ACEH – Mantan Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Ir Jufri Hasanuddin MM mengaku siap menggandeng kader terbaik Partai Demokrat untuk mendampingi dirinya di Pilkada 2024 mendatang. Hal itu disampaikan Jufri Hasanuddin MM melalui Juru Bicara PA Abdya, Rahmat Saputra SIP saat mengantar berkas pendaftaran calon bupati Abdya di kantor DPD Demokrat Aceh, Selasa (14/5/2024) sore.

Di hadapan Sekretaris DPD Partai Demokrat Aceh, Arif Fadilah SIKom MM, dan para petinggi DPD Partai Demokrat Aceh, Juru Bicara DPW PA Abdya, Rahmat Saputra mengatakan bahwa hubungan baik Partai Aceh dengan Partai Demokrat di Abdya sudah terjalin cukup lama dan ibarat saudara kandung yang tak bisa terpisahkan.

“Koalisi PA dan Demokrat ini bukan saja terjadi di DPRK, tapi juga di KONI Abdya. Terbukti, ketua umumnya ketua Demokrat Abdya, Bang Putra dan Saya ketua Harianya,” ujar Rahmat Saputra.

Untuk itu, dia berharap hubungan baik yang telah berjalan selama ini, kembali berlanjut pada Pilkada 2024 mendatang.

“Saya berharap, hubungan baik ini, seperti penggalan lagu dari Boery Marantika dan Dewi Yull, yaitu kemesraan ini, janganlah cepat berlalu,” pintanya

Bahkan, Jufri Hasanuddin siap mengambil calon wakil bupati dari Partai Demokrat.

“Perlu kami tegaskan, bentuk keseriusan Bang Jufri, beliau siap mengambil kader terbaik dan potensial Partai Demokrat untuk calon wakil bupatinya,” tegasnya yang disambut tepuk tangan para petinggi Demokrat Aceh dan petinggi dan pengurus partai Demokrat Abdya.

Isu yang berkembang, ada beberapa sosok yang digadang-gadangkan sebagai calon wakil Bupati Jufri Hasanuddin, mulai dari Nurdianto, bahkan jika Ketua DPC Abdya Romi Syah Putra bersedia, juga ikut dilirik oleh Jufri Hasanuddin.

“Kalaulah dua sosok ini (Nurdianto atau Romi Syah Putra), diusulkan, saya pastikan, Bang Jufri akan menerima, dan siap deklarasi,” pungkasnya.

Setelah menyampaikan sambutannya, selanjutnya Jubir PA Abdya juga menyerahkan berkas pendaftaran kepada tim penjaringan yang diterima oleh wakil ketua DPD Demokrat Aceh. (Red)

Bantu Galang Dana, Keuchik Ladang Tuha II Diapresiasi

BLANGPIDIE-Upaya Keuchik (kepala desa) Ladang Tuha II Kecamatan Lembah Sabil Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dalam melakukan penggalangan dana untuk pemulangan jenazah Irwasyah bin Badaruddin yang merupakan  warga Desa Ladang Tuha II dari Malaysia. Seperti diketahui Irwasyah bin Badaruddin meninggal dunia usai mengalami kecelakaan kerja di Malaysia saat melakukan pemasangan pipa di dalam tanah.

Atas upaya penggalangan dana dimakud, Camat Lembah Sabil, Salman SKM, Selasa (14/5/2024) mengapresiasi gerak cepat Keuchik Ladang Tuha II, Mukhlis SHI yang juga berperan sebagai koodinator penggalan donasi.

“Upaya penggalangan dana yang dilakukan Keuchik Muskhlis patut diapresiasi, karena telah bergerak cepat untuk membantu pemulangan jenazah warganya dari Malaysia,” singkatnya.

Sementara itu, Keuchik Ladang Tuha II, Mukhlis mengatakan, upaya yang dilakukan sebagai bentuk tanggungjawab terhadap warganya. Dengan membuka donasi dimaksud, bantuan dari sejumlah kalangan terus mengalir, mulai dari Pj Bupati Abdya, H Darmansah SPd MM, Sekda Abdya, Salman Alfarisi, Wakil Ketua DPRA Safaruddin, para keuchik dan banyak donator lainnya.

“Donasi ini telah kami serahkan kepada keluarga almarhum disaksikan Camat Lembah Sabil, Kapolsub Sektor, Ipda Iskandar, perwakilan Koramil Lembah Sabil dan unsur terkait lainnya.  Saya sebagai koordinator donasi dan juga mewakili sebagai masyarat Ladang Tuha II mengucapkan ribuan terimakasih kepada seluruh pihak, terutama kepada keluarga besar Persatuan Barat Selatan Aceh di Malaysia dan juga para luruh unsur yang telah memberikan sumbangan tenaga, pikiran dan juga dalam bentuk finansial,” imbuhnya.

Ditambahkan, korban mengalami kecelakaan kerja saat melakukan pemasangan pipa di dalam tanah. Pasca kejadian korban langsung dievakuasi dan didampingi oleh Persatuan Barat Selatan Aceh di Malaysia sekaligus proses administrasi hingga selesai. Jenazah tiba di Bandara Kuala Namu pada Minggu (12/5/2024) sekira pukul 08.30 WIB dan langsung dibawa pulang ke kampung halaman.

“Tiba di rumah duka sekitar pukul 22.00 WIB dan malam itu juga dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum Desa Ladang Tuha II.  Alhamdulillah dana terkumpul sebanyak Rp. 17.350.000,” tutupnya. (ag)