Tim KEK Barsela Aceh Tinjau Kelayakan Teluk Surin

  • Whatsapp
analisisnews.com/agus: TELUK SURIN: Bupati Abdya, Akmal Ibrahim (tengah), Tim persiapan pembentukan KEK) dan KIT wilayah Barsela Aceh saat melakukan peninjauan Teluk Surin, Kamis (15/8/2019).

BLANGPIDIE-Tim persiapan pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan Kawasan Industri Terpadu (KIT) wilayah barat-selatan (Barsela) Aceh, Kamis (15/8/2019) meninjau secara langsung kondisiTeluk Surin sebagai calon lokasi KEK dan KIT Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

Kunjungan tim yang didampingi langsung Bupati Abdya, Akmal Ibrahim ke Teluk Surin di kawasan Desa Lama Tuha, Kecamatan Kuala Batee merupakan langkah serius pemkab setempat agar KEK dan KIT di Abdya terwujud.

Bacaan Lainnya

Sebelum meninjau lokasi Teluk Surin, tim yang dipimpin oleh Kabid Pengembangan Industri Agro dan Manufaktur Disperindag Aceh, M. Surya Putra, terlebih dahulu mendengarkan paparan Bupati Abdya, Akmal Ibrahim tentang kesiapan daerahnya menjadi pusat KEK barat-selatan. Pertemuan singkat itu berlangsung di Masjid Pemkab Abdya itu turut dihadiri oleh Pengusaha Aceh Nurchalis, Wakil Bupati Muslizar, unsur Forkompimkab, Ketua Kadin Abdya, dan para Kepala SKPK Abdya.

“Kami sangat antusias dengan kondisi Teluk Surin, ditambah lagi dengan lahan yang sangat luas, dan lokasi yang cukup mendukung serta jalan lebar 30 meter,” kata Surya Putra.

Ditambahkan, pembentukan KEK dan KIT wilayah barat-selatan membuktikan bahwa lokasi Teluk Surin bukan saja cocok untuk KEK dan KIT, tetapi juga sangat cocok sebagai tempat wisata.

“Hari ini kami melihat kesiapan Abdya sebagai calon KEK dan KIT barat-selatan. Ternyata memiliki banyak potensi yang sangat besar hanya saja selama ini tidak tergarap secara optimal,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Akmal Ibrahim mengatakan, langkah pertama sudah sangat jelas, dimana Pemkab Abdya sudah memulai sejak tahun 2008 dengan menetapkan kawasan Teluk Surin menjadi kawasan pelabuhan dan mewacanakan Teluk Surin sebagai Singapura mininya Aceh. Terkait persiapan kawasan pelabuhan, sejumlah infrastruktur maupun akses jalan yang telah dibangun dengan lebar 30 meter.Teluk Surin ini juga sudah masuk kedalam RIPN atau Rencana Induk Pelabuhan Nasional. (ag)

Pos terkait